Rabu, 27 Juli 2011

Pilihan Setelah Lulus SMA, Part 1

Umumnya para SMARTIVE yang duduk di kelas 11 or 12 SMA, akan memikirkan apa yang akan di pilih setelah lulus SMA. Kira-kira apa yang akan SMARTIVE pilih setelah lulus nanti???

Dari tahun-ketahun, umumnya para SMARTIVE akan memilih untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi di Universitas, namun tidak jarang ada yang memilih untuk mencoba bekerja, atau bahkan ada memilih untuk menikah (inget BKKBN ya SMARTIVE).Nih, sedikit saran buat SMARTIVE untuk mempertimbangkan soal pilihan setelah lulus.

Pilihan pertama, Kuliah
Bagi SMARTIVE yang memilih untuk melanjutkan kulaih sangat bagus banget tuh SMARTIVE. Coz, dengan kuliah kita bisa meningkatkan ilmu lebih dalam lagi dari yang kita terima di SMA.Meski begitu, pasti banyak diantara SMARTIVE yang bingung kan untuk :memilih jurusanmemilih tempat kuliahpersoalan biayaTake it easy SMARTIVE, kita bahas satu persatu.

Yang paling pertama perlu diputusin adalah ambil jurusan apa???
Perlu di inget pilih jurusan yang SMARTIVE suka. For example, kalo SMARTIVE suka di bidang hitung-menghitung atau administrasi, SMARTIVE bisa mengambil jurusan Akuntansi atau jurusan Matematika.

Kalo SMARTIVE sendiri gak tau tentang diri SMARTIVE sendiri gimana???
Coba tanya or-tu, Guru BP/BK, kakak atau orang yang memahami SMARTIVE, atau SMARTIVE bisa mencoba ikut tes penelusuran minat & bakat. Cek deh di Google.

Setelah jurusan fix, sekarang kuliahnya dimana???
Untuk memilih tempat kuliah, sebaiknya kita minta saran dari orang-orang yang lebih mengerti, seperti or-tu, guru BP/BK, atau kakak-kakak kita yang telah kuliah di perguruan tinggi tertentu. Karena beda universitas beda keunggulannya juga loh. Contohnya, belum tentu keunggulan di universitas A sama dengan di universitas B.

Biayanya gak cukup nie gimana donk???
Info buat SMARTIVE, pada awal tahun ajaran baru. Umumnya saat itu lagi gencar-gencar promo kuliah, di koran internet, dsb. Dengan potongan atau biaya yang lumayan gak super-super mahal banget (berkurang 1-3 juta kan lumayan tuh). Atau coba cari beasiswa deh SMARTIVE (bisa tanya guru BP/BK or kakak-kakak SMARTIVE yang kuliah di universitas tertentu or search aja di internet).

Kalo gak cukup berprestasi dari bidang akademik, seni, olahraga, dsb gimana???
Jangan kecil hati dulu SMARTIVE, ada caranya. Dari sekarang SMARTIVE cari universitas yang bisa kasih tunjagan biaya tanpa terlalu memperhatikan nilai akademik, dsb. Sebenarnya universitas itu ada banyak loh, cuma kita perlu lebih teliti dan lebih cari tau lagi SMARTIVE.

Uda siap semua buat kuliah nie, ada yang perlu disiapkan lagi ga???
Tentu aja ada SMARTIVE, di dunia perkuliahan kita dituntut untuk mandiri dan beda banget dari semasa kita sekolah. Ini bakal berasa banget bagi SMARTIVE yang sering menjadi "parasit" bagi SMARTIVE lain. Jadi, uda harus dirubah kebiasaan itu. Selain itu, siapkan hati dan mantapkan diri. Karena jurusan yang kita pilih itu akan kita jalani selama bersemester-semester loh. Dan, jangan lupa minta kekuatan dari Tuhan ya. Tu pasti ngebantu banget bagi SMARTIVE

Lanjut ke, Pilihan Setelah Lulus SMA, Part 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar