Kamis, 28 Juli 2011

Pilihan Setelah Lulus SMA, Part 2

Nah, pilihan pertama uda jelas kan??? Now, move to another option.

Pilihan kedua, Kerja
Bagi SMARTIVE yang memilih untuk bekerja, ini gak kalah sama yang kuliah loh. Dengan memilih bekerja SMARTIVE bisa menghasilkan uang sendiri dan tidak terlalu membebankan or-tu kita lagi. Tapi perlu SMARTIVE tau ya, cari kerja itu gampang-gampang susah loh.

Kok gampang-gampang susah???
Itu karena pilihan pekerjaan bagi SMARTIVE yang lulus SMA gak terlalu banyak loh (ini bagi SMARTIVE yang mencari kerja sendiri ya, bukan yang ditawarin oleh keluarga, teman, dsb.), kalo yang ditawarin sie uda enak SMARTIVE.

Terus kalo ga ada tawaran gimana donk???
Eits, jangan kecil hati dulu. Masih banyak beberapa tipe lowongan pekerjaan yang masih terbuka bagi lulusan SMA. Tapi umumnya pekerjaan yang tersedia itu memiliki kriteria yang cukup tinggi.

Kriteria gimana sie maksudnya???
Bisa aja yang diminta untuk pekerjaan A, adalah lulusan D3/S1, minimal pengalaman sekian tahun, dsb.Trus ada pilihan kerja yang full time, part time, dsb.

Apa sie full time, part time???
full time, artinya kita bekerja dengan waktu yang tetap dan uda gak bisa diubah-ubah sama kita. Seperti sekolah, dateng jam segini, pulang jam segitu.mPart time alias kerja paruh waktu, ini kebalikan dari full time. Kita bisa lebih fleksibel dan gak terlalu mengekang kita banget. Tapi sebelum mencari kerja, mending siapin dulu deh yang namanya CV. Tuh super penting banget loh SMARTIVE, siapin CV yang terbaru serta foto SMARTIVE (usahakan untuk foto gunakan kemeja ya)

Kalo CV uda siap???
uda bisa cari kerja deh. Untuk diingat ya, sekarang kan era digital coba deh cari pekerjaan juga di internet jangan cuma cari di Koran ya.

Terus, ada saran tambahan lagi ga???
Tentu aja ada. SMARTIVE lebih baik mengirimkan beberapa lamaran pekerjaan sekaligus, jangan hanya satu atau dua saja. Jadi SMARTIVE bisa menunggu dihubungi oleh perusahaan sambil mencari kerja yang lain lagi. Untuk pengetahuan tambahan, lamaran kita terkadang sudah diterima tapi karena kurang sesuai dengan kriteria perusahaan maka tidak jarang akan diabaikan loh.

Nah, itu sedikit penjelasan buat SMARTIVE yang memilih "pilihan" ini. Tapi gak menutup kemungkinan bagi SMARTIVE memilih untuk kuliah sambil bekerja atau pun bekerja sambil kuliah. Yang penting waktunya bisa cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar