Selasa, 09 Agustus 2011

Batuan, Part 1

Hi, back again SMARTIVE. Post kali ini akan berbicara tentang batuan, kita akan mencari tau batuan yang membentuk permukaan bumi ini. So, what’s your wait??? Start read it!Batuan pembentuk permukaan bumi dibagi menjadi 3, yaitu:
  1. Batuan beku, batuan yang terbentuk dari magma yang mendingin dan mengeras, dengan atau tanpa proses kristalisasi
  2. Batuan sedimen, batuan mineral yang terbentuk dipermukaan bumi karena mengalami pelapukan
  3. Batuan peralihan/metamorf, batuan yang terbentuk karena terjadinya penambahan suhu atau penambahan tekanan yang tinggi dan terjadi secara bersamaan pada batuan sedimen.
Batuan Beku
Batuan beku memiliki 2 kategori, yakni menurut tempat pembukuannya & menurut mineral yang menyusunnya.
Berdasarkan tempat pembekuan:
  1. Batuan beku dalam, batuan beku dalam terjadi dari pembekuan magma yang berlangsung perlahan-lahan ketika masih berada jauh di dalam kulit bumi. Contoh batuan beku dalam adalah granit, diotit, dan gabbro.
  2. Batuan beku korok (gang), batuan beku korok terjadi dari magma yang membeku di lorong antara dapur magma dan permukaan bumi. Magma yang meresap di antara lapisan-lapisan litosfer mengalami proses pembekuan yang berlangsung lebih cepat, sehingga kristal mineral yang terbentuk tidak semua besar. Campuran kristal mineral yang besarnya tidak sama merupakan ciri batuan beku korok.
  3. Batuan beku luar, batuan beku luar terjadi dari magma yang keluar dari dapur magma membeku di permukaan bumi (seperti magma hasil letusan gunung berapi). Contoh batuan beku luar adalah: basalt, diorit, andesit, obsidin, scoria, batuan apung (bumice).
Berdasarkan mineral penyusun:
  1. Mineral ringan (bersifat asam), tersusun atas mineral – mineral ringan biasanya berwarna terang,mudah pecah, dan banyak mengandung silikat sehingga termasuk batuan yangbersifat asam.
  2. Mineral berat (bersifat basa), tersusun atas mineral – mineral berat biasanya berwarna gelap, sukar pecah, dan kandungan silikatnya sedikit sehingga termasuk batuanyangbersifat basa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar