Jumat, 19 Agustus 2011

Prinsip Geografi

For Your Info, Prinsip Geografi ini berhubungan dengan objek studi geografi yang waktu itu loh SMARTIVE. Masih inget kan??? Sekarang kita akan mempelajari tentang prinsip-prinsip geografi. Ada apa aja sie prinsip geografi itu??? Yuk, kita cari tau.
4 prinsip geografi
  1. Prinsip penyebaran, prinsip ini digunakan untuk menggambarkan gejala dan fakta geografi dalam peta serta mengungkapkan hubungan antara gejala geografi yang ada satu sama lain. Hal ini dikarenakan penyebaran gejala serta fakta geografi tidak merata di antara wilayah satu dengan wilayah lainnya.
  2. Prinsip interrelasi, prinsip ini digunakan untuk menganalisis hubungan antara gejala fisik dan non fisik, yang akan dapat mengungkapkan gejala atau fakta geografi di suatu wilayah tertentu.
  3. Prinsip deskripsi, prinsip ini digunakan untuk memberikan gambaran lebih jauh tentang gejala/masalah geografi yang dianalisis. Prinsip ini tidak hanya menampilkan deskripsi dalam bentuk peta, tetapi juga dalam bentuk diagram, grafik maupun tabel.
  4. Prinsip korologi (keruangan), prinsip ini dapat juga dianalisis sebagai gejala, fakta, dan masalah geografi yang ditinjau dari penyebaran, interrelasi, dan interaksinya dalam keruangan. Dapat ditafsirkan juga, bahwa ini adlah gabungan dari ketiga prinsip sebelumnya.
Seluruh prinsip tersebut bertujuan untuk menguraikan, mengkaji, serta mengungkapkan fenomena yang terjadi pada permasalah geografi.

Paham kan sekarang??? Sering-sering cek post terbaru ya SMARTTIVE. Have fun with the post.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar