Senin, 15 Agustus 2011

Masyarakat Multikultural

Apa sie masyarakat multikultural itu??? Pasti hal itu yang terlintas dipikiran SMARTIVE setelah melihat judul diatas. Atau SMARTIVE malah uda tau apa itu masyarakat multikultural. Dari pada bingung-bingung, mending langsung baca aja deh dibawah ini.

Masyarakat mulitikultural adalah suatu masyarakat yang terdiri dari beberapa macam kumunitas budaya dengan segala kelebihannya, dengan sedikit perbedaan konsepsi mengenai dunia, suatu sistem arti, nilai, bentuk organisasi sosial, sejarah, dsb.

Ciri-ciri masyarakat mulitikultural
  1. Terdiri atas berbagai macam suku yang masing-masing memiliki budaya yang berbeda
  2. Bersifat heterogen
  3. Hubungan sosial antar-individu bersifat toleran
  4. Dimasyarakat sangat mungkin terjadi konflik vertikal & horizontal
Sebab-sebab terjadinya masyarakat mutikultural
Menurut CW Watson, masyarakat multikultural adalah masyarakat Negara, bangsa, daerah, bahkan lokasi geografis terbatas seperti, kota & sekolah, yang terdiri atas orang-orang yang memiliki kebudayaan yang berbeda-beda dalam kesederajatan
Faktor-faktor penyebab terbentuknya multikultural sebagai berkut:
  1. Terbentuknya masyarakat yang terdiri atas berbagai budaya
  2. Adanya masyarakat dalam Negara yang terdiri atas pulau-pulau
  3. Adanya berbagai suku bangsa, etnis, ras & agama yang hidup dalam suatu masyarakat
Perilaku dalam masyarakat multikultural
  1. Terjadinya konflik vertikal, konflik vertikal adalah konflik yang terjadi antara masyarakat yang 1 dengan masyarakat yang lain dalam suatu struktur pemerintahan. Contohnya, konflik antara rakyat dengan pemerintah karena terjadi kenaikan BBM.
  2. Terjadi konflik horizontal, konflik horizontal adalah konflik sosial antara pihak 1 dengan pihak lain yang setara kedudukannya. Contohnya, konflik antara agama yang terjadi di berbagai daerah di indonesia.
  3. Terkendalinya pencapaian integrasi, proses integrasi sosial merupakan proses penyesuaian diantara unsur-unsur sosial yang berbeda-beda sehingga membentuk suatu kesatuan masyarakat yang serasi. Sulitnya pencapaian integrasi antara lain disebabkan adanya perbedaan ras, etnis, agama & suku.

Got the point SMARTIVE??? Harusnya sie uda ngerti deh sekarang deh tentang masyarakat multkultural. Hope to see U soon SMARTIVE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar