Senin, 01 Agustus 2011

Ketenagakerjaan

SMARTIVE, balik lagi ngebahas tentang ekonomi. SMARTIVE tau tentang ketenagakerjaan??? Hmm kaya na ada yang blom tau nie. Kalo yang uda tau sie bagus, tapi kalo yang belum tau nih sedikit penjelasannnya.
Berdasarkan UU no. 13 tahun 2003, ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama & sesudah masa kerja.
Nah,penjelasan itu dikutip dari UU no. 13 tahun 2003, yang menjabarkan secara singkat tentang ketenagakerjaan.Jadi, sekarang kita memasuki tentang tenaga kerja nih SMARTIVE. Tau artinya tenaga kerja ga SMARTIVE???
Tenaga kerja artinya setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang & jasa, baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat luas.

Dan, ini beberapa kelompok klasifikasi dari angkatan kerja…

Ditinjau, berdasarkan angkatan kerja
  • Golongan angkatan kerja:
  1. Angkatan kerja yang sedang bekerja, yaitu semua orang yang sedang bekerja. Baik diperusahaan perseroan, swasta maupun milik negara.
  2. Angkatan kerja yang belum/sedang mencari kerja, adalah penduduk yang termasuk angkatan kerja nemun belum memiliki pekerjaan & sedang berusaha mencari pekerjaan.
  • Golongan bukan angkatan kerja:
  1. Mereka yang bersekolah, yakni siswa-siswi yang belajar disekolah dan juga termasuk mahasiswa yang menuntut ilmu di perguruan tinggi.
  2. Para ibu rumah tangga, yaitu istri dari suami yang kegiatannya hamper dihabiskan sebegai seorang ibu rumah tangga.
  3. Para pensiunan, yang dimaksud adalah para lansia yang telah melewati masa produktifnya dan sudah tidak bekerja lagi.

Ditinjau, berdasarkan keinginan meningkatkan potensi diri
  1. Orang yang bekerja pada orang lain/pihak lain, yaitu orang yang memutuskan untuk menjadi pegawai dari suatu perusahaan dimana ia bekerja pada orang/pihak yang memberikannya upah.
  2. Orang yang tidak bekerja pada orang lain/pihak lain, yaitu orang yang membuka lapangan pekerjaan sendiri dan menciptakan pekerjaan sendiri, dimana ia bertugas sebagai kepala/pemimpin lapangan pekerjaan tersebut.

Ditinjau, berdasarkan latar belakang pendidikan & latihan

  1. Tenaga kerja terdidik, yakni tenaga kerja yang sengaja menerima didikan dari lembaga tertentu untuk meningkatkan keahliannya sebagai tenaga kerja.
  2. Tenaga kerja terlatih , yakni tenaga kerja yang dilatih secara berulang-ulang, yang umumnya terlatih secara praktikal pada kenyataannya saat ia bekerja.
  3. Tenaga kerja tidak terdidik & tidak terlatih, yakni tenaga kerja yang sama sekali tidak menerima didikan dari lembaga tertentu & latihan, sehingga dikatakan tenaga kerja yang memilki sedikit pengalaman kerja.
So, do U understand now SMARTIVE??? Itu loh yang dimaksud dengan tenaga kerja, jadi kira-kira termasuk yang mana aja tuh diri SMARTIVE sekarang???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar